Langsung ke konten utama

Sedekah Tidak Menolong Kita!

Kita bisa saja termasuk orang yang senang bersedekah tetapi "sedekah" kita tidak menolong kita saat kita membutuhkannya. Misalnya saat kita terjerat hutang. Mengapa Allah tidak membalas sedekah kita selama ini?



Ternyata hal ini bisa saja terjadi. Misalnya kita memang senang bersedekah kepada orang lain. Namun bersedekah kepada orang tua kita justru tidak pernah. Sedangkan sedekah terbaik ditujukan untuk keluarga, artinya orang tua kita berhak kita berikan yang terbaik dari kita.

Jadi bila kita merasa hidup kita sempit, hutang belum lunas-lunas. Coba muhasabah, apa yang sudah berikan kepada orang tua kita? Apakah ada pikiran orang tua kita sudah kaya karenanya kita tidak memberikan sesuatu kepada mereka walau sekedar untuk menyenangkannya? Atau mungkin walau orang tua kita miskin namun kita tetap tidak menolongnya karena kita memiliki hubungan buruk dengan mereka? Pikiran-pikiran buruk tersebut harus dibuang jauh-jauh.

Dalam bersedekah berikan kepada keluarga kita dahulu, kemudian kepada lingkaran dekat kita seperti tetangga dan teman, kemudian sedekah ke lingkaran yang lebih luas, yakni ke masyarakat.

Semoga Allah mudahkan kita bersedekah kepada keluarga, tetangga, teman, umat Islam dan masyarat secara umum.

-----

Tulisan ini terinspirasi dari tulisan https://www.facebook.com/ikuttab/posts/542402522930965

Postingan populer dari blog ini

Kebaikan-Kebaikan Istri Ustad Maulana Sebelum Meninggal

Nur Aliyah Ibnu Hajar meninggal pada 20 Januari 2019 karena kanker usus yang dideritanya. Ketika beliau meninggal, kebaikan-kebaikan istri ustad Maulana ini viral ke seluruh Indonesia. Ketika jenazah di antar ke liang kubur, ribuan orang mengantarkannya. Seakan bumi dan langit bergetar. Bumi bergetar mengirim orang baik ke liang lahat, dan langit bergetar menyambut kedatangan orang baik.

Jangan Marah Bila Dituduh Tidak Sanggup Sabar

Di surat Al Kahfi terdapat kisah nabi Musa  (عليه السلام) yang tidak terdapat di surat lainnya. Kisah nabi Musa  (عليه السلام) yang melakukan perjalanan sangat jauh hanya untuk mencari ilmu. Akhirnya nabi Musa  (عليه السلام) bertemu dengan seorang hamba di antara hamba-hamba Kami (QS Al Kahfi ayat 65).

Kritik & Saran Untuk Aplikasi Al Quran & Terjemahan Indonesia

Bismillah. Ini tulisan pertama di Go Sedekah. Seharusnya tulisan tentang sedekah, namun ada sedikit writer block . Jadi sementara ditunda dahulu tulisan tentang kampanye sedekah yang insya allah akan menjadi tema dari blog ini.